Wednesday, November 9, 2022

Tak Ada Perbedaan, Aparat Polri Ikuti Mekanisme Pembuatan SIM di Sat Lantas Polres Bulungan

DOKUMENTASI HUMAS POLRES BULUNGAN
PENGAWASAN : Kasubdit Regident, Ditlantas Polda Kaltara, AKBP Adi Saptia Sudirna, S.I.K., M.H mengawasi secara langsung pelaksanaan pembuatan SIM di Sat Lantas Polres Bulungan.

TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Meski status sebagai anggota Polri, hal itu bukan berarti mendapat perlakuan khusus tatkala pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Baik pembuatan SIM C ataupun A dan lainnya. Hal tersebut dapat terlihat pada pelayanan pembuatan SIM di Sat Lantas Polres Bulungan, Rabu (09/11/2022). 


Aparat kepolisian tampak mengikuti mekanisme pembuatan SIM tersebut. Mulai dari pemohon datang ke ruang satpas mengambil nomor antrian. Lalu, setelah itu sesuai nomor antrian pemohon menuju loket pendaftaran untuk memberikan berkas persyaratan SIM.


Di sini, jika berkas dinyatakan lengkap persyaratannya. Maka, petugas memberikan blangko pendaftaran pendaftaran. Sedangkan, jika pemohon SIM belum ada surat keterangan tes psikologi. Sehingga petugas mengarahkan ke petugas psikologi yang sudah ditunjuk dari Biro Psikologi Polda Kaltara.


Setelah pemohon mengisi formulir pendaftaran kemudian pemohon SIM menyerahkan berkas SIM ke petugas pendaftaran. Selanjutnya petugas memberikan resi untuk pembayaran PNBP pemohon membayar PNBP SIM ke petugas BRI yang sudah ditunjuk dan menuju ke bagian identifikasi (ruang foto).


Langkah selanjutnya, pasca indentifikasi pemohon diarahkan ke ruang pencerahan dan petugas pencerahan memberikan materi yang akan diujikan pada ujian teori. Dan setelah pemohon siap untuk melaksanakan ujian teori petugas mengarahkan masuk di ruang ujian dan melaksanakan ujian teori.


Lebih lanjut, apabila pemohon SIM sudah selesai melaksanakan ujian teori dan dinyatakan lulus. Pemohon SIM menuju ke lapangan praktek yang sudah disiapkan. Tapi, sebelum melaksanakan ujian praktek 1 petugas uji praktek memberikan materi tentang ujian praktek yang akan dilaksanakan oleh pemohon 


Lalu, setelah dilaksanakan ujian praktek 1 dan telah dinyatakan lulus. Maka pemohon melaksanakan ujian praktek 2 yang pelaksanaan di jalan raya (umum) untuk jalur prakteknya sesuai yang telah ditentukan rutenya. Setelah praktek 2 lulus maka petugas cetak SIM mencetak SIM yg telah di nyatakan lulus.


Selama jalannya tahapan tersebut, diketahui secara langsung diawasi oleh Kasubdit Regident, Ditlantas Polda Kaltara, AKBP Adi Saptia Sudirna, S.I.K., M.H. Sementara, aparat kepolisian yang tengah mengikuti ujian materi ataupun praktek SIM. Mereka tampak membaur bersama masyarakat sipil.


Antrean disesuaikan dengan nomor masing - masing. Atau tidak ada yang didahulukan. Sekalipun anggota Polri tetap diwajibkan mengantre sebagaimana mestinya. Setiap tahapan pembuatan SIM di Sat Lantas Polres Bulungan. Semua dilakukan secara transparan. Hal itu menghindari terjadinya pungutan liar (pungli) dan lainnya. Masyarakat dan anggota Polri sekali lagi mendapatkan pelayanan yang sama. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Wujudkan Kamtibmas, Polres Bulungan Galakkan Patroli Malam Hari

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Hingga kini, Kepolisian Resor (Polres) Bulungan rutin menggalakkan patroli malam hari di wilayah yang rawa...