Thursday, November 17, 2022

Jelang Pemilu Serentak 2024, Aparat Kepolisian Lakukan Pelatihan Dalmas

(Humas Polres Bulungan)
PENGAMANAN : Polres Bulungan menyiapkan personel guna mendukung keamanan dan kelancaran pesta demokrasi pada pemilu serentak 2024 mendatang.

TANJUNG SELOR, Polres Bulungan – Menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pada pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 mendatang. Kepolisian Resor (Polres) Bulungan mulai menyiapkan sejumlah personel yang nantinya bakal diterjunkan di lapangan. Tak lain, hal ini guna mendukung aspek pengamanan jalannya pesta demokrasi tersebut. 

Adapun, mengenai persiapan yang dilakukan aparat kepolisian sendiri. Sejumlah personel secara rutin melaksanakan pelatihan pengendalian masyarakat (dalmas). Seperti yang berlangsung di halaman Mapolres Bulungan, Kamis (16/11/2022). 

L

Mewakili Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K, Kasat Samapta Polres Bulungan AKP Muh. Karyadi, S.H mengatakan, pelatihan dalmas ini adalah benar dilakukan secara rutin. Tepatnya, pasca adanya surat perintah Kapolres Bulungan. 

"Dengan harapan aspek pengamanan nantinya saat pesta demokrasi berjalan maksimal. Kegiatan ini selain difokuskan pada pengamanan pemilu. Yaitu sekaligus sispamkota (sistem pengamanan kota)," kata Kasat Samapta.

Lanjutnya, dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini. Menurutnya, secara tak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa. Selain itu, dapat membentuk mental emosional yang stabil. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik.

"Sehingga apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pesta demokrasi nantinya. Personel tetap humanis. Tidak sampai melakukan perbuatan anarkis yang tentunya ini tidak dibenarkan," ujarnya saat ditemui di sela - sela latihan berlangsung. 

Lebih lanjutnya, melalui pelaksanaan ini pun sebagai upaya membentuk tim kerangka dalmas. Tujuannya, agar di lapangan terjadi sesuatu yang tak diinginkan bersama. Personel sudah dinyatakan siap menghadapi permasalahan tersebut secara langsung. Dalmas ini pun terbagi dua, dalmas awal dan dalmas lanjutan.

"Tapi semua tetap saling bahu - membahu di lapangan. Khususnya, apabila ada mengalami kesulitan di lapangan. Personel dalmas awal turun. Lalu, dalmas lanjutan," jelasnya. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Wujudkan Kamtibmas, Polres Bulungan Galakkan Patroli Malam Hari

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Hingga kini, Kepolisian Resor (Polres) Bulungan rutin menggalakkan patroli malam hari di wilayah yang rawa...