Thursday, October 6, 2022

Polres Bulungan Gelar Maulid Nabi Muhammad 1444 Hijriah dan Do'a Bersama Tragedi Kanjuruhan Malang


TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah/2022 M sekaligus do'a bersama bagi korban tragedi Kanjuruhan, Kabupaten Malang yang berlangsung di Masjid Asmaul Husna, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini, tak lain dilakukan sebagai bentuk rasa empati kepada para korban termasuk dua anggota Polri yang meninggal dalam insiden kemanusiaan tersebut. Dan diharapkan tragedi itu tak serupa terjadi di wilayah hukum (wilkum) Polres Bulungan.

Sementara, untuk pelaksanaan Maulid Nabi diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, Maulid Nabi dengan tema "Dengan Aktualisasi Keteladanan Akhlak dan Kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW Kita Wujudkan Polri yang Presisi" diikuti secara langsung oleh Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K, Wakapolres Bulungan Kompol Muhammad Musni, S.E., S.I.K, para PJU, staf, Bhayangkari serta seluruh personel Polres Bulungan. 

Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini pun semakin terasa bermakna, dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Kasman Gaffar dan diakhiri dengan berdoa bersama. Rangkaian acara itu pun berjalan dengan khidmat.

Kapolres pada kesempatan itu memberikan sambutan, melalui Maulid Nabi ini adalah momentum yang sangat baik untuk menata diri, hati serta mengajak keluarga dan ummat untuk meningkatkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW. "Ada begitu banyak teladan yang bisa dipetik dari Sirah Nabawi, dari sifat - sifat Nabi, Al-Qur'an dan As-sunah," ucap Kapolres.

Sementara, lanjut Kapolres, kepada seluruh korban tragedi Kanjuruhan, Malang semoga para korban diterima dengan baik disisi-Nya, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. Tentunya, semua berharap peristiwa itu tak sampai terjadi di wilayah ini. 

Untuk itu, diimbau kepada seluruh personel kepolisian Polres Bulungan bersama seluruh masyarakat bisa turut serta menjaga kamtibmas agar berjalan kondusif. "Dari tragedi itu diharapkan dapat menjadi pelajaran bersama. Mudah - mudahan suasana kamtibmas dapat terus terjaga di wilayah hukum Polres Bulungan ini," harapnya.

Di sisi lain, mengenai kegiatan Maulid ini sekaligus menjadi momentum yang sangat baik untuk menata diri, hati serta mengajak keluarga dan ummat untuk meningkatkan kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW. "Ada begitu banyak teladan yang bisa dipetik dari Sirah Nabawi, dari sifat - sifat Nabi, Al-Qur'an dan As-sunah," ujar Kapolres.

Lanjutnya, melalui momentum ini juga diharapkan personel dapat menggali nilai - nilai agama Islam lebih jauh lagi, khususnya yang berkaitan dengan sejarah lahirnya Nabi besar Muhammad SAW. Namun, makna paling mendasar dari peringatan ini. Adalah mengevaluasi sejauh mana Uswatun Hasanah yang melekat pada diri Rasulullah SAW. "Sehingga dapat diteladani dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari," harapnya.

Tak lupa, Kapolres mengucapkan selamat memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW bagi seluruh personel Polres Bulungan. “Semoga melalui momentum ini, seluruh personel dapat lebih semangat dalam menghadapi beban dan tantangan tugas ke depannya dengan meneladani akhlak dan perilaku Nabi Muhammad SAW," pungkasnya. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Wujudkan Kamtibmas, Polres Bulungan Galakkan Patroli Malam Hari

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Hingga kini, Kepolisian Resor (Polres) Bulungan rutin menggalakkan patroli malam hari di wilayah yang rawa...