Tuesday, October 18, 2022

Hadir Dalam Pengarahan Presiden Jokowi, Kapolres Bulungan Pastikan Tindaklanjutnya

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar

TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Dalam pengarahan Presiden Joko Widodo kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo beserta 34 Kapolda dan Kapolres Se-Indonesia pada beberapa hari lalu. Beberapa catatan penting diterima oleh jajaran Polri, salah satunya Polri harus memperbaiki apa yang menjadi keluhan masyarakat kepada institusi Polri. 

Presiden meminta Polri melakukan langkah-langkah perbaikan dan tindakan tegas terhadap berbagai hal yang dapat menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri, dimulai dari pungutan liar (pungli), pendekatan yang represif, mencari-cari kesalahan hingga gaya hidup mewah. 

Lalu Polri juga diminta menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat, pelayanan kepada masyarakat harus direspons cepat sehingga rasa terayomi dan rasa aman itu menjadi ada. Kemudian menjaga kesolidan baik di internal Polri maupun dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal tersebut penting utamanya karena saat ini sudah mulai masuk tahun politik dan tahapan pemilihan umum (pemilu) sudah mulai berjalan sejak Juli lalu. 

Arahan Presiden Jokowi lainnya kepada Polri yakni harus ada kesamaan visi Polri serta ketegasan terkait kebijakan organisasi. Kepada para pemimpin Polri di daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, bekerja sesuai SOP dan sesuai undang-undang. 

Lainnya, jangan sampai pemerintah maupun Polri dipandang lemah terkait dengan penegakan hukum. Berantas judi daring serta jaringan narkoba sehingga bisa mengembalikan kepercayaan publik kepada Polri yang menurun. 

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar menjadi salah satu yang hadir dalam pengarahan Presiden Jokowi. Bahkan, disebutkan pada pengarahan itu untuk atribut yang digunakan seperti topi, tongkat komando hingga ponsel tidak diperbolehkan masuk ke dalam Istana Negara. 

"Yang boleh kita bawa hanya buku catatan. Jadi kemarin saat dikumpulkan bapak Presiden di Jakarta. Bapak Presiden memberikan pengarahan kepada kami pimpinan di Polres, ada bahan evaluasi dan introspeksi diri bagi kami untuk berbuat lebih baik lagi kedepan dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat," ucap AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, Selasa (18/10/2022).

Atas arahan itu, dirinya mengaku masih banyak kekurangan yang dialami masyarakat dalam memberikan pelayanan. Kata dia, dengan keterbatasan yang dimiliki, pihaknya akan terus berupaya untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. 

"Tentu kami akan berikan perlindungan dan pengayoman yang terbaik untuk masyarakat Bulungan, tentu dengan kerangka aturan yang tegas," jelasnya. 

Dia menjelaskan, seperti yang ditekankan Presiden Jokowi, negara harus hadir merespon permasalahan pelanggaran hukum. Tidak lagi melakukan pendekatan secara represif tapi lebih banyak mengedukasi masyarakat sehingga unsur pelayanan, pelindung dan pengayom muncul. 

"Tapi kita juga tidak boleh ragu-ragu dalam melakukan penegakan hukum. Bapak Presiden juga mengingatkan untuk seluruh anggota polisi memiliki kepekaan terhadap krisis yang terjadi secara global ini," tuturnya. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Wujudkan Kamtibmas, Polres Bulungan Galakkan Patroli Malam Hari

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Hingga kini, Kepolisian Resor (Polres) Bulungan rutin menggalakkan patroli malam hari di wilayah yang rawa...