Friday, September 23, 2022

Porles Bulungan Naik Tipe Menjadi Polresta


TANJUNG
SELOR, Polres Bulungan - Setelah melewati perjuangan panjang dalam upaya pengusulan peningkatan tipe Polres Bulungan dari D ke C atau Polresta. Akhirnya, di tahun ini upaya itu pun membuahkan hasil yang cukup sempurna. Polres Bulungan diketahui saat ini secara resmi naik tipe menjadi Polresta. Hal ini dibenarkan oleh Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya.

Orang nomor satu di Polda Kaltara ini pun mengatakan, dengan secara resmi peningkatan Polres Bulungan menjadi Polresta. Yakni, dibuktikan dengan keluarnya surat keputusan (SK) yang ada. Sehingga saat ini bagaimana tinggal menindaklanjuti di lapangan. "Memang benar SK-nya sudah keluar. Saat ini tinggal ditindaklanjuti di lapangan," kata Kapolda Kaltara saat ditemui usai peresmian ETLE. 

Lanjutnya, maksud tindak lanjut di sini. Tak lain, adalah melihat dari segi kesiapannya. Meski, secara umun dengan telah dilaksanakannya pengusulan kenaikan tipe tersebut. Artinya, di sini mereka di lapangan sudah siap. "Persiapan di sini adalah bagaimana beradaptasi dengan peningkatan tipe yang baru itu," ujar Kapolda Kaltara.

Lebih lanjutnya, nantinya dengan sudah naik tipe Polres Bulungan menjadi Polresta. Maka, orang nomor satu di Polresta nantinya mereka yang berpangkat Kombes Pol. Untuk itu, sekali lagi di sini hal - hal seperti itu tentu menjadi salah satu yang memang harus dipersiapkan terlebih dahulu. "Nanti dipersiapkan. Dilihat nanti, informasi mengenai usulan peningkatan tipe ini baru - baru diterima," kata Kapolda Kaltara.

Tambahnya, pihaknya tentu bersyukur dengan telah resmi peningkatan tipe tersebut. Tentunya, ke depan aspek keamanan dapat semakin meningkat. Apalagi, memang peningkatan tipe ini menjadi suatu harapan bersama. Khususnya, masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemerintah dan lainnya. "Mudah - mudahan dari segala persiapan yang ada. Maka, semua dapat berjalan dengan baik," tutupnya.

Sementara, Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar membenarkan bahwa sebelumnya pihaknya bersama pejabat utama (PJU) telah berjuang secara maksimal dalam mendorong terwujudnya kenaikan tipe ini. Termasuk, dengan memaparkan secara langsung dasar mengapa perlunya peningkatan tipe itu dilakukan. "Beberapa evaluasi dari gagalnya usulan sebelumnya sudah kami penuhi. Sehingga di sini kami cukup optimistis itu pasti dapat terwujud," ungkapnya.

Meski, lanjutnya, pihaknya tidak ingin berandai-andai. Dengan terus memohon do'a dan dukungan semua pihak. Sehingga keinginan kenaikan tipe ini tentu dapat direalisasikan. Apalagi sebelumnya tak hanya pihak kepolisian yang berjuang mendorong kenaikan tipe ini. "Tetapi, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemerintah serta sejumlah instansi terkait lainnya seirama mendukungnya," bebernya.

Sebelumnya, kembali diusulkannya kenaikan tipe Polres Bulungan jadi Polresta. Tak lain, dikarenakan berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor : B/42/M.KT.01/2022 tanggal 11 Januari 2022.

Polres Bulungan tidak masuk dari beberapa wilayah Polres di wilayah Indonesia yang naik tipe dari D ke C. Tercatat, hanya ada lima Polres yang naik menjadi Polresta. Meliputi, Polres Kendari, Polres Serang Kota, Polres Palu, Polres Kupang Kota dan Polres Tanjung Pinang.(HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Polres Bulungan Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

HIKMAT : Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar dan Wakapolres Bulungan Kompol Muhammad Musni beserta PJU Polres Bulungan men...