Sunday, September 18, 2022

Jalankan Instruksi Kapolri, Polwan Polres Bulungan Siap Jadi Srikandi

JALANKAN INSTRUKSI : Polwan Polres Bulungan siap menjalankan instruksi Kapolri dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi Polri.

TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Berdasarkan survei pelayanan publik, tingkat kepercayaan terhadap polri sempat mengalami penurunan. Pasalnya, mengaca pada sejumlah peristiwa yang terjadi di internal institusi polri selama beberapa pekan terakhir. Sehingga secara tak langsung hal itu menjadi sebuah faktornya.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo mengakui hal itu semua. Oleh karenanya, upaya mengembalikan kepercayaan publik hingga benar - benar optimal. Tak hanya, mendorong jajaran polisi laki - laki. Melainkan, di momen hari jadi polisi wanita (polwan) ke-74. Orang nomor satu di kepolisian RI ini turut mendorong mereka untuk turut berperan.

Kapolri dalam hal ini meminta seluruh jajaran polwan. Ke depan dapat meraih kembali kepercayaan publik terhadap institusi polri. Yaitu, lewat pendekatan yang humanis. Polwan diharapkan bisa menjadi salah satu garda terdepan. Ini demi tegaknya marwah institusi Korps Bhayangkara.

Bahkan, Kapolri mengibaratkan polwan sebagai srikandi pada tokoh wayang. Dikarenakan srikandi merupakan sosok wanita yang memiliki kemampuan tidak kalah dengan kemampuan laki-laki. Namun, sosok perempuan tetap dimiliki yang lemah lembut dan penuh kasih sayang. Sebab, karakter tersebut menjadi salah satu kekuatan polwan ketika menjalankan tugasnya di lapangan.

Lanjutnya, di satu sisi bahwa polwan harus mampu melakukan penegakkan hukum yang tegas. Namun humanis sesuai dengan ciri khas dan karakter dari polwan. Sehingga karakter ini yang tentunya lebih menonjol dibandingkan dengan polisi laki- laki. Dan dinamika global maupun nasional menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan pada polwan.

Lebih lanjutnya, di tingkat internasinal ada ancaman krisis pangan dan energi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hal tersebut merupakan dampak adanya konflik perang antara Rusia dan Ukraina yang berkepanjangan. Sehingga polwan harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dalam bentuk kejahatan model transnasional crime dan hyper connectivity serta beberapa hal lainnya. Termasuk, pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024. Menurut Kapolri, peran polwan sangat diperlukan untuk membuat situasi tetap tenang, aman dan damai. Polwan ditegaskan harus hadir dan serius menghadapi segala potensI konflik yang ada. 

Menanggapi hal itu pun, Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar memastikan tindaklanjutnya akan arahan Kapolri. Dengan meminta personel polwan yang ada untuk instrospeksi, evaluasi dan koreksi. Dan penekanan Kapolri yang ditujukan kepada polwan. Khususnya, tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai polwan. Tentunya ini memiliki makna dalam dan harus disikapi dengan baik. Meski, tak ditampik sampai saat ini di seluruh Indonesia jumlah polwan masih belum cukup banyak. "Jumlah polwan 7 persen dari 450 ribu anggota kepolisian. Ke depan diupayakan akan dikejar hingga 30 persen. Mengingat, seiring perkembangan dunia polwan memiliki sebuah kesempatan yang sama. Termasuk, tugas yang selama ini labelnya adalah sosok laki - laki," jelas Kapolres Bulungan.

Dikatakannya juga, Polres Bulungan ke depan akan terus berupaya mendukung penambahan sejumlah persentase personel polwan. Sehingga diharapkan kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Polwan harus dapat membuktikan dirinya ke zona itu. Artinya, hal - hal yang sekiranya perlu dibenahi lantaran adanya isu - isu kurang baik. Maka, dapat segera disikapi. "Segala isu polwan kurang baik dan kurang sedap didengar. Bertentangan dengan aturan yang ada. Harus segera dikoreksi dan dapat keluar dari label kurang baik tersebut. Saya mau polwan tangguh dan humanis," pinta Kapolres.

"Polwan sekalipun jumlahnya terbilang sedikit. Sehingga jika dihimpun takn cukup terlihat. Tapi, bagaimana mereka nantinya dapat menjadi lilin yang menerangi lainnya. Tidak sebaliknya. Dan ini menjadi tugas polwan senior yang membantu mereka ke arah sana. Apakah bisa ? Tentunya bisa apabila ada tekad dan kemauan yang kuat," sambungnya. 

Mewakili polwan di Polres Bulungan, Pakor Polwan Polres Bulungan Magdalena Lawai mengatakan, dari apa yang disampaikan Kapolri dan Kapolres dipastikan akan dipedomani dan dilaksanakan sesuai tujuan sebuah organisasi. "Kami akan pedomani. Arahan Bapak Kapolri dan Bapak Kapolres dalam melaksanakan tugas di lapangan," katanya.

Meski, lanjutnya, pihaknya tetap meminta sebuah petunjuk dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Dan sebagai anggota polwan tetap tak melupakan apa yang menjadi kodrat. Dengan memiliki tanggungjawab sebagai wanita dan ibu. "Sehingga ke depan peran ganda ini dapat berjalan maksimal," tukasnya. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Polres Bulungan Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

HIKMAT : Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar dan Wakapolres Bulungan Kompol Muhammad Musni beserta PJU Polres Bulungan men...