Friday, August 5, 2022

Didapati Mencuri, Polsek Tanjung Palas Timur Ringkus Remaja Asal Berau

DIAMANKAN : Polsek Tanjung Palas Timur berhasil mengamankan tersangka pencurian yang dilakukan berulang di wilayah hukumnya. (Dokumentasi Polsek Tanjung Palas Timur)



TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Remaja berinisial DA (19) warga asal Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Diketahui saat ini harus berurusan dengan aparat Polsek Tanjung Palas Timur. 

Pasalnya, remaja tersebut didapati melakukan aksi tindak pidana pencurian yang dilakukan secara berulang. Pertama, pencurian satu unit chain saw di kebun salah seorang warga di Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur. Kedua, di wilayah yang sama melakukan pencurian sebanyak 10 tabung LPG 3 kg. Tetapi, pada aksi kedua ini berhasil digagalkan.

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar melalui Kapolsek Tanjung Palas Timur IPDA H Firman saat dikonfirmasi pewarta membenarkannya. 

Pihaknya pun menjelaskan untuk kejadian pencurian pertama tepatnya, Sabtu (30/8/2022) pukul 12.00 Wita. Kronologisnya, datang seorang pelapor yang melaporkan tindak pidana pencurian. Awalnya, kejadiannya yaitu pelapor meninggalkan rumah dalam keadaan terkunci dan menyimpan satu unit chain saw di dalam rumah yang berlokasi di kebun Desa Mangkupadi.

Tetapi, saat kembali ke rumah, pelapor melihat pintu belakang rumah dalam keadaan terbuka dan melihat di dalam rumah chain saw telah hilang. Dan atas kejadian tersebut pelapor keberatan dan melaporkan ke Polsek Tanjung Palas Timur.

Akhirnya, setelah laporan masuk dan ditindaklanjuti. Ternyata, pada saat melakukan penyelidikan terhadap kejadian tersebut. Selasa (2/8) petugas kepolisian mendapat informasi dari warga bahwa telah diamankan seseorang lantaran saat itu ketahuan telah melakukan pencurian tabung LPG 3 Kg.

"Mendengar kejadian itu, tim mengamankan dan membawa DA ke Polsek Tanjung Palas Timur. Setelah dilakukan pengembangan DA mengakui juga telah melakukan pencurian satu unit chain saw di kebun sebagaimana disebutkan pelapor sebelumnya," jelasnya.

Lanjutnya, tim mengamankan barang bukti (BB) dan tersangka DA ke penyidik untuk pemeriksaan lebih lanjut. BB yang diamankan 10 unit LPG, satu unit chain saw dan sebilah parang. "Untuk pasal yang disangkakan terhadap tersangka. Yakni, Pasal 363 ayat (1) ke-3, dan ke-5 KUHP Subsidair Pasal 362 KUHP," tutupnya.(HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Polres Bulungan Menggelar Family Gathering

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan menggelar Family Gathering bersama warakawuri yang berlangsung di Aren...