Thursday, July 14, 2022

Wakapolres Hadir dan Beri Arahan pada Rapat Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla

MENGHADIRI : Wakapolres Bulungan Kompol Muhammad Musni menghadiri sekaligus memberikan arahan pada acara rapat kesiapsiagaan dan gelar peralatan dalam rangka penanganan karhutla yang berlangsung di Kantor Bupati Bulungan.

TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Wakapolres Bulungan Kompol Muhammad Musni secara langsung menghadiri dan berikan arahan pada rapat kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kantor Bupati Bulungan, Rabu (13/7/2022).

Wakapolres dalam arahannya, pertama mengatakan bahwa mengaca pada peristiwa sebelumnya terkait Karhutla yang terjadi di wilayah hukum (wilkum) Polres Bulungan. Menurutnya, perlu menjadi suatu atensi. Dengan harapan ke depan potensi terjadinya Karhutla dapat dicegah sedini mungkin.

"Selain itu, diharapkan pada rapat penanganan Karhutla. Ini bukan hanya dijadikan sebuah acara seremonial semata. Tapi, bagaimana hasilnya dapat benar - benar maksimal di lapangan," harap Wakapolres.

Dikatakannya juga, mengenai Karhutla ini sebenarnya bukan hanya menjadi permasalahan di lingkup wilayah Bumi Tenguyun saja. Melainkan, secara Nasional menjadi atensi. Bahkan, Presiden RI, Kapolri dan Panglima mengharapkan permasalahan karhutla ini jadi tanggung jawab bersama.

"Atau bukan hanya beberapa Instansi. Bapak Presiden, Bapak Kapolri dan Panglima telah memberikan atensi soal karhutla. Semua diminta bertanggung jawab," ujar Wakapolres.

Tak hanya itu, Wakapolres dalam hal ini menyinggung soal Perbup Karifan Lokal. Sebab, di mana dalam perbup tersebut mengijinkan pembakaran maksimal 2 hektare. Sehingga diminta hal ini untuk dapat dikaji ulang ke depannya. 

"Dikarenakan dari yang sudah terjadi pada karhutla di tahun-tahun sebelumnya. Sumber api bisa berasal dari pembakaran lahan," sebutnya.

Terakhir, Wakapolres menambahkan, peta kerawanan Karhutla menurutnya kembali penting untuk dilakukan. Ini sembari membuat strategi untuk memaksimalkan penanganan maupun penanggulangan karhutla. "Diharapkan permasalahan pada tahun-tahun sebelumnya dapat menjadi evaluasi," tutup Wakapolres.(HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Polres Bulungan Menggelar Family Gathering

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan menggelar Family Gathering bersama warakawuri yang berlangsung di Aren...