Friday, July 29, 2022

Polres Bulungan Gagalkan Penyeludupan 2 Kg Sabu


TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan berhasil menggagalkan penyelundupan Narkotika jenis sabu sekitar 2 kilogram (Kg) yang dikemas ke dalam bungkus Teh, Minggu 24 Juli 2022 lalu.

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar menjelaskan, keberhasilan pengungkapan ini tak lepas dari andil masyarakat yang membantu menginformasikan adanya dugaan pola penyebaran barang haram tersebut. Sehingga pihak kepolisian saat itu segera menindaklanjutinya. Dan benar saja dugaan itu benar adanya setelah dilakukan penggeledahan penumpang speedboat di Kayan II, Tanjung Selor. 

"Yang menjadi perhatian kami. Modus operandinya adalah dengan ibu - ibu yang bertindak sebagai kurirnya. Barang haram ini rencana akan dikirim melalui jalur darat ke wilayah Kaltim (Kalimantan Timur)," jelas Kapolres Bulungan dalam press rilisnya dihadapan awak media, Jum'at (29/7/2022).

Lanjutnya, untuk inisial wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga (IRT) yaitu WT dengan didampingi rekannya berinisial LL. Bahkan, guna mengelabuhi petugas kepolisian. Dalam menjalankan aksinya turut anak kandung yang masih berusia delapan tahun dilibatkan. 

"Tapi, jelasnya untuk yang diproses awal saat itu hanya dua orang wanita ini. Sedangkan, anak - anak itu jelas tidak," ujar Kapolres.

Lebih lanjutnya, setelah diamankannya kedua wanita tersebut. Dengan dipimpin Kasat Reskoba Polres Bulungan melanjutkan pengembangan. Yakni, dengan melakukan control delivery dan didapati tersangka lainnya berinisial R di Balikpapan, Kaltim. 

"Tapi, R ini pun juga bertindak sebagai kurirnya.  Untuk pemilik dan penerima barang haram ini keduanya masih dinyatakan DPO," ungkapnya.

Adapun, kepada ketiga tersangka yang telah diamankan dan mendekam di Rutan Polres Bulungan. Mereka bakal dipersangkakan pada Pasal 112 Ayat 2 Junto Pasal 114 ayat 2 Subsider Pasal 132 Ayat 1 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun atau hukuman mati. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Polres Bulungan Menggelar Family Gathering

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan menggelar Family Gathering bersama warakawuri yang berlangsung di Aren...