Friday, July 8, 2022

Kapolres Bulungan Hadiri Coffe Morning Silahturahmi Kapolda Kaltara, Menyampaikan Soal UU Agraria

BERI SAMBUTAN : Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar saat memberikan sambutan pada acara coffe morning silahturahmi Kapolda Kaltara bersama Pemkab Bulungan dan Forkopimda serta sejumlah masyarakat Tanjung Palas Timur di Cafe Seruyuk, Tanjung Selor.

TANJUNG SELOR, Polres Bulungan - Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar menghadiri acara coffe morning silahturahmi antara Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan dan Forkopimda serta sejumlah masyarakat di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Jum'at (8/7/2022).

Diketahui, kegiatan yang berlangsung di Cafe Seruyuk, Jalan Lembasung, Tanjung Selor pada pagi hari itu. Kapolres Bulungan pada kesempatan itu memberikan beberapa pengarahan dalam sambutannya. Khususnya, mengenai pentingnya diberikannya edukasi ke masyarakat Tanjung Palas Timur yang terdampak proyek strategis nasional (PSN) terkait Hukum Agraria.

Menurut Kapolres, berdasarkan Undang - Undang (UU) Agraria bahwa tanah sejatinya dikuasai oleh Negara. Artinya, Negara yang berhak mendelegasikan ataupun membagi hak tanah yang apabila diperlukan atau dibutuhkan.

Sedangkan, mengenai SKT yang saat ini dimiliki oleh masyarakat. Kapolres menjelaskan itu bukan merupakan sebuah bukti hak milik atas tanah. Sehingga hal ini perlu dipahami masyarakat. "Atau dapat diartikan bahwa SKT ini masih proses dasar atau alas pengajuan hak atas tanah," jelas Kapolres. 

Tak hanya itu, mengenai informasi tanah terlantar. Yakni, sebagaimana arahan Presiden RI, ada klasifikasi sendiri. Maka, proses penelitian dan pengkajian diperlukan. "Jadi tidak hanya tiba - tiba disebut tanah terlantar. Prosesnya panjang, kementerian terkait tentu akan melihatnya. Hingga muaranya ditetapkan terlantar atau tidaknya," tutupnya. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Polres Bulungan Menggelar Family Gathering

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan menggelar Family Gathering bersama warakawuri yang berlangsung di Aren...