Tuesday, July 26, 2022

Diwarnai Tangis Haru, Polres Bulungan Fasilitasi Prosesi Pernikahan Tahanan Rutan Polres Bulungan

PERNIKAHAN : Polres Bulungan melaksanakan pernikahan salah seorang tahanan di Rutan Polres Bulungan yang berlangsung di Masjid Asmaul Husna, Polres Bulungan.

TANJUNG SELOR
, Polres Bulungan - Untuk kali pertama, Polres Bulungan memfasilitasi acara prosesi pernikahan salah seorang tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Bulungan, Selasa (26/7) pada pukul 11.00 Wita.

Diketahui, selama jalannya prosesi pernikahan yang berlangsung di Masjid Asmaul Husna, Polres Bulungan. Diwarnai dengan tangis haru kedua mempelai dan keluarga mempelai. Mempelai pria berinisial HE ini adalah salah seorang tahanan pada kasus Narkoba yang baru ditahan kurang dari dua pekan.

Sementara, pengantin wanita berinisial FE dengan mengenakan gaun merah muda dengan riasan yang sabar menunggu. Hingga pada akhirnya prosesi akad nikah berlangsung. Keluarga mempelai saat itu membawa seserahan dan mas kawin Rp 260 ribu serta cincin kawin.

Secara umum selama jalannya prosesi sakral ijab kabul berjalan dengan lancar. Atau tidak ada sesuatu hambatan apapun. Usai pelaksanaan akad nikah, pengantin pria berterimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh Polres Bulungan. Khususnya, yang telah memfasilitasi dan memberikan izin menikah dengan calon istrinya.

Sementara, mewakili Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, KBO Binmas IPDA Sudaryono menjelaskan, pernikahan tahanan narkoba ini sesuai aturan dan sebagai bentuk pelayanan dan perlindungan masyarakat meskipun yang bersangkutan terjerat kasus hukum. Hal ini pun mengacu pada kebijakan Kapolri bahwa Polri dituntut presisi dan proporsional dalam memberikan hak-hak tahanan sebagai (Manusia) warga Negara Indonesia.

"Ini adalah bentuk pelayanan di Polres Bulungan," ungkap IPDA Sudaryono.

Lanjutnya, mengenai kelanjutan pasca digelar prosesi ini. Dikatakannya bahwa HE akan kembali menjalani proses hukum dengan sebagaimana mestinya. "Setelah akad akan ditahan lagi. Tapi, sebelumnya tetap diberikan kesempatan untuk melepas rindu bersama keluarga dan sesi foto dan lainnya. Namun, semua dilakukan masih di dalam area Masjid," jelasnya.

Diakuinya, prosesi pernikahan tahanan di Rutan Polres Bulungan ini merupakan kali pertama. "Ini baru pertama digelar seperti ini di Polres Bulungan," tutupnya. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Polres Bulungan Menggelar Family Gathering

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Kepolisian Resor (Polres) Bulungan menggelar Family Gathering bersama warakawuri yang berlangsung di Aren...