Monday, June 13, 2022

Polres Bulungan Gelar Operasi Patuh Kayan 2022


TANJUNG SELOR,
Polres Bulungan - Diawali dengan apel gelar pasukan di Halaman Polres Bulungan Senin (13/6/2022). Polres Bulungan resmi melaksanakan Operasi Patuh Kayan 2022 yang dimulai sejak 13 - 26 Juni 2022.

Operasi ini diketahui serentak di jajaran wilayah hukum (wilkum) Polda Kalimantan Utara menjelang Hari Bhayangkara ke-76 dengan mengangkat tema "Tertib Berlalulintas Menyelamatkan Anak Bangsa".
Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar menyampaikan, pada pelaksanaan Operasi Patuh Kayan 2022 ini mengedepankan giat preemtif dan preventif dengan didukung pola Gakkum Lantas secara elektronik dengan menggunakan etle statis atau mobile.
"Sasaran Operasi Patuh Kayan 2022 yaitu mengurangi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," ungkap Kapolres.
Namun, lanjut Kapolres, dalam pelaksanaan Operasi Patuh Kayan 2022 ini tetap diperlukan dukungan dan sinergitas dari berbagai pihak. Khususnya, para pemangku kepentingan lainnya guna mencari akar masalah di bidang berlalulintas atau menemukan solusi pemecahan masalahnya.
"Mengapa ? Ini agar tujuan Operasi Patuh Kayan 2022 ini benar dapat menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib pada lokasi rawan laka, langgar dan macet," harapnya.

Lebih lanjut, melalui operasi ini juga diharapkan terjadi peningkatan ketertiban, keselamatan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta dapat tercapai penurunan intensitas penyebaran Covid-19. Dan secara umum berdasarkan hasil evaluasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas 2022 ada 7 prioritas penindakan pelanggaran.
"Meliputi, pengendara sepeda motor yang tak gunakan helm SNI, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, tidak gunakan safety belt, melawan arus, menggunakan HP saat berkendara, konsumsi alkohol saat berkendara dan pengendara melebihi kecepatan," sebut Kapolres rinci.

Adapun, tambahnya, dari 7 prioritas penindakan pelanggaran tersebut. Maka, dilaksanakan secara tematik berdasarkan karakteristik wilayah. Termasuk, cara bertindak dalam Operasi Patuh Kayan 2022. Mulai dari pelaksanaan deteksi dini, Lidik dandan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas serta mematuhi prokes," tutupnya. (HmsResbul) pemetaan terhadap lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas serta lokasi penyebaran Covid-19.
"Juga dilaksanakan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang kamseltib carlantas melalui pemasangan spanduk, banner, baliho serta melalui media cetak, elektronik dan media sosial. Sekaligus pembuatan marka distancing di simpang jalan utama yang dilengkapi traffic light," jelasnya.
"Terakhir, melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalulintas serta mematuhi prokes," tutupnya. (HmsResbul)

No comments:

Post a Comment

Kapolres Bulungan Menghadiri Acara Penganugerahan Finalis Eagle Award Documentary Competition 2022

TANJUNG SELOR , Polres Bulungan - Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona T.P.P Siregar, S.H., S.I.K menghadiri malam penganugerahan kepada ...