Monday, August 30, 2021

Polres Bulungan Kembali Laksanakan Vaksin Paten untuk Warga Pulau Tias

 

TANJUNG SELOR – Distribusi vaksin sinopharm dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI terus menyasar pada daerah sulit akses di wilayah Kabupaten Bulungan. Teranyar, sasaran daerahnya adalah di Pulau Tias, Desa Tanjung Buka.

Kapolres Bulungan, AKBP Ronaldo Maradona T.P.P. Siregar melalui Paur Kasubag Humas Polres Bulungan, Ipda Tutut Murdayanto menjelaskan, distribusi sekaligus pelaksanaan vaksinasi di Pulau Tias tidak kalah menantangnya pada daerah lain sebelumnya di Bumi Tenguyun ini. Petugas harus melewati jalur transportasi laut untuk dapat tembus ke lokasi tersebut.

“Dipilihnya Pulau Tias, Desa Tanjung Buka ini memang karena selama ini warga sana sulit mendapatkan jatah vaksin. Itulah mengapa dari jumlah 10 ribu vial hibah dari Kemenkomarves di antaranya menyasar pada daerah itu,” jelasnya, Jumat (27/8).

Di Pulau Tias itu sasarannya saat itu ada sebanyak 149 warga. Antusias mereka dalam mengikuti pelaksanaan vaksinasi itu memang terbilang sangat tinggi. Sehingga mengantisipasi panjangnya antrean saat itu disiagakan sebanyak delapan vaksinator guna lebih mempercepat pelaksanaan vaksinasi tersebut.

"Alhamdulillah, selama pelaksanaan tidak ada hambatan apapun. Vaksinasi jenis Sinopharm ini seluruhnya dapat disuntikkan ke warga setempat di Pulau Tias,” ujarnya melalui sambungan telepon pribadinya.

Alasan pihaknya terus menggalakkan pelaksanaan vaksin ini untuk membantu pemerintah daerah mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompo). Oleh karenanya, sejak adanya hibah vaksin itu pihaknya segera mendistribusikannya. Tentunya, sesuai kesepakatan awal adalah menyasar pada daerah yang sulit akses dari letak geografis wilayahnya.

“Ke depan pun kami memastikan bakal mengawal pendistibusian ini. Sehingga sasaran yang ada benar sesuai dengan tujuan awalnya. Dan mudah-mudahan dari capaian target herd immunity di daerah ini dapat segera terwujud,” tutupnya.

Sementara, untuk mencapai target herd immunity di setiap wilayah di Indonesia ini berbeda-beda. Di Kabupaten Bulungan sendiri untuk mencapai target herd immunity setidaknya ada 118.000 orang terlebih dahulu yang telah disuntik vaksin.

Bupati Bulungan, Syarwani mengaku optimistis dapat mencapai target tersebut. Mengingat, sampai saat ini proses vaksinasi terhadap warganya terus berjalan di lapangan. “Target di kita ini benar 118.000 orang. Melihat perkembangan di lapangan, saya yakin target herd immunity ini ke depan dapat tercapai,” ungkapnya.

No comments:

Post a Comment