Friday, June 25, 2021

Tim Srena Mabes Polri Lakukan Studi Kelayakan Polres Bulungan Jadi Polresta

 

TANJUNG SELOR – Bentuk tindaklanjut dari usulan kenaikan tipe Polres Bulungan menjadi Polresta, pada hari Rabu 23 Juni 2021 dilakukan studi kelayakan oleh oleh Srena Polri yang dipimpin langsung oleh Karoremtala Srena Polri Brigjen Pol Budi Yuwono dan Kabaglemwil Rolemtala Srena Polri Kombes Pol A.A Sagung Dian Kartini.

Kapolres Bulungan AKBP Teguh Triwantoro mengatakan kedatangan tim ini untuk studi kelayakan kenaikan tipologi Polresta Bulungan.

“Ini masih dikaji karena prosesnya tidak mudah dan secepat itu, maka dikaji dulu di Mabes habis itu baru diajukan di Kemenpan RB. Mohon doa semua masyarakat Bulungan dan Tana Tidung semoga bisa dipenuhi kenaikan Polresta dari tipe D ke tipe C,” tutur Kapolres Bulungan.

Kata dia, catatan dari Srena Polri ini ada beberapa indikator dimensi dan bobotnya yang menjadi pertimbangan kenaikan tipe ini. Untuk Polres Bulungan dilihat dari kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) nya.

“Kalau kita dilihat dari Kamtibmas-nya dan  seirama bahwa disinikan sudah menjadi ibukota provinsi. Kemudian dilihat dari ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya (Ipoleksosbud) nya,” jelasnya.

Kemudian yang jadi kekurangan dari Polres Bulungan sendiri dan sudah menjadi hal klasik terjadi di setiap satuan terkait jumlah personel. Dimana jumlah masyarakat dan luasnya wilayah Bulungan tak sebanding dengan jumlah personel kepolisian.

“Dari kuantitas memang kekurangan personel, tapi bisa disiasati dan bisa kita optimalkan. Naiknya tipe Polres Bulungan menjadi Polresta sekali lagi yang menentukan adalah Kemenpan RB,” ujarnya.

Alumni Akpol 1999 ini mengatakan idealnya untuk jumlah personel pada Polresta itu 1 personel banding 50 hingga 100 warga sipil. Sedangkan yang terjadi di Polres Bulungan saat ini 1 personel kepolisian berbanding 300 orang warga sipil.

“Kalau daftar susunan personel (DSP)-nya Polres dan Polresta paling tidak 1.500 orang, sedangkan kita saat ini hanya 386 personel, kurang dari 40 persennya juga tidak ada,” sebut Kapolres.

Kapolres menambahkan mudah-mudahan dengan adanya pelantikan bintara Polri pekan depan, Polres Bulungan mendapatkan tambahan personel. Karena jumlah personel di tingkat Polsek saja untuk DSP itu 50 orang, tapi yang ada sekarang hanya 10 orang.

No comments:

Post a Comment