Wednesday, October 18, 2017

Tingkatkan akan kesadaran Aturan, Warga Serahakan Senpi Ke polsek Tanjung Palas Barat Polres Bulungan.

TANJUNG SELOR - Salah satu Warga Arif Sugiono yang bertempat tinggal di Desa Long Beluah RT 12 Tanjung Palas Barat menyerahkan Sepucuk Senjata Api (Senpi) rakitan miliknya kepada personil Polsek Tanjung Palas Barat untuk diamankan,pada Selasa (17/10) kemarin.
Kapolres Bulungan AKBP Muhamad Fachry melaui Pjs Kasubag Humas, Aiptu Tutut Murdayanto saat dikonfirmasi hal tersebut mengunggkapkan penyerahan senjata api milik warga tersebut langsung diterima oleh personil polisi dan langsung diamankan untuk mencegah penyalahgunaan senpi tersebut.
“Kami mengapresiasi untuk warga yang dengan suka rela menyerahkan senjata api, hal tersebut menandakan warga mulai mengerti tentang aturan larangan memiliki senjata api tanpa mengantongi surat ijin,” jelasnya.
Larangan kepemilikan senjata api tersebut tertuang dalam Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 yang mengatur bahwa barang siapa yang menyalahgunakan senjata api dapat dihukum dengan hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara sementara setinggi-tingginya dua puluh tahun.
Dari pengakuan Arif Sugiono pemilik Senjata Api Rakitan kepada personil Polsek Tanjung Palas Barat, dirinya biasanya menggunakan Senpi tersebut untuk mengusir hewan liar yang menggagu tanaman dikebunya, seperti Babi Hutan dan hama lainya yang merusak tanamanya di kebun. 
Polres Bulungan juga akan menjamin tidak akan melakukan proses secara hukum bila warga bersedia menyerahkan senjata api secara sukarela seperti yang dilakukan Arif Sugiono. Bukan itu saja, pihaknya bahkan juga siap memberikan penghargaan bagi masyarakat yang memiliki senjata api bila diserahkan secara sukarela.
Selain itu, Polres juga terus menghimbau kepada warga masyarakat untuk bisa mengajak warga lainya untuk sadar aturan, terkait larangan memiliki senjata api tanpa ijin tersebut.
“Kami akan terus memberikan sosialisasi kepada warga terhadap kepemilikan senpi rakitan dan lainya untuk segera diserahkan kepada pihak kepolisian dengan ikhlas guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” himbaunya.
Polres Bulungan juga akan menindak tegas bagi warga masyarakat yang masih bandel menyimpan senjata api di rumahanya. Karena hal tersebut selain melanggar hukum juga akan mebahayakan.
"Bila masih ditemukan senjata api dimiliki masyarakat maka akan diambil tindakan tegas serta diproses sesuai hukum yang berlaku," tegasnya

No comments:

Post a Comment