Wednesday, September 20, 2017

Polres Bulungan dan Diknes Razia Apotek Guna Antisipasi Penyalahgunaan PCC

Tanjung Selor : Guna mengantisipasi penyalah gunaan obat-obatan, khususnya obat jenis PCC (Paracetamol, Cafein, dan Carisoprodol), petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan beserta Kepolisian Resort (Polres) Bulungan melakukan pemeriksaan di sejumlah apotek yang menjual obat-obatan tersebut, Selasa (19/9/2017) petang.
“Pemeriksaan ini untuk mengantisipasi jangan ada masyarakat yang mengunakan PCC, Jadi lebih baik mencegahnya,” ujar Idewan Budi Santoso selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan.
Budi menuturkan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pada sejumlah apotek, tidak ditemukannya obat-obatan jenis PCC
“Dari tiga apotek yang kita datangi, tidak ditemukan. Berkaitan tentang izin, sudah sesuai aturan dan masih berlaku,” ungkapnya.
Meski demikian, pihaknya tetap melakukan pantauan dan pencegahan terhadap perederan obat-obatan yang sering disalahgunakan.
“Karena ini adalah tugas kami untuk melindungi masyarakat agar tidak menyalahgunakan obat-obatan tanpa resep dokter,” jelasnya.
Apabila ke depan ditemukan adanya obat-obatan tersebut, ia menegaskankan tentu akan dikenakan sesuai undang-undang kesehatan yang berlaku.
“Pertama kita melihat legalitas obat itu, kalau memang ada tentu izin operasi apotrk akan dicabut. Kalau pun melanggar, tentu kita serahkan ke pihak berwajib, karena kami tegas terhadap pengawasan obat-obatan ini. Jika ditemukan tentu kami tindak,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment